KATEGORI

Kendati Tak Gajian, Stamina Dewan Tetap Terjaga

image

Meski Pemerintah Kota (Pemko) Batam belum bisa merealisasikan APBD 2016, karena masih akan dibahas dan diparipurnakan di DPRD Kota Batam, namun kinerja para Anggota DPRD Batam dan segenap staf di lembaga tersebut tidak mengalami gangguan berarti. Stamina mereka masih tetap terjaga serta mampu menjalankan tugas sehari – hari seperti biasa.

“Kita para Anggota Dewan harus tetap semangat. Ini sudah menjadi bagian dari komitmen kita untuk tetap bertugas sebagaimana biasanya meski ada kendala soal keuangan,” kata Yudi Kurnain, Ketua Komisi II DPRD Kota Batam.

Yudi yang biasa bersepeda pergi dan pulang dari rumahnya ke kantor DPRD Batam merasa tidak mesti malas – malasan karena belum juga menerima gaji, karena menurutnya bekerja sebagai Anggota Dewan adalah sebagai bentuk pengabdian.

Media massa menulis, lambannya realisasi pencairan APBD 2016 disebabkan pembahasan APBD 2016 yang lebih panjang dari biasanya. Hal ini menyebabkan program Pemerintah Kota Batam dan DPRD tak bisa berjalan lebih cepat sebagaimana diagendakan. Selain itu dampak lainnya sekitar 4.431 tenaga kontrak yang berada di Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Batam, belum bisa menerim gaji. Tak terkecuali 50 anggota DPRD.

Kabag Humas Pemko Batam, Ardiwinata, mengatakan, Pemko segera menyerahkan APBD Kota Batam yang telah dikoreksi Gubernur ke DPRD Kota Batam untuk dibahas dan diparipurnakan agar bisa direalisasikan. “Minggu ini kita (Pemko) serahkan ke DPRD,” kata Ardi, pada Minggu 24 Januari 2016.

Sementara itu, Sekretris DPRD Kota Batam, Marzuki menyebutkan , pencarian APBD 2016 mesti taat azas, artinya tak bisa langsung  direalisasikan sebelum dibahas dan diparipurnakan di DPRD Kota Batam.

Terkait gaji anggota DPRD Kota Batam yang belum dibayarkan hingga kini, Marzuki akan berusaha mencairkan di bulan ini. Termasuk realisasi kenaikan tunjangan perumahan DPRD, jika Peraturan Walikota (Perwako) sudah ditandatangani. “Kalau harus molor hingga bulan depan, bayarannya kita rapel,” ungkapnya.

Marzuki juga mewanti – wanti semoga lambannya realisasi APBD ini tak mendapat sanksi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), karena pengesahan APBD 2016 meleset dari jadwal yang ditentukan. “Tapi mudah-mudahan tidak terjadi (sanksi, red),” harapnya.  RED

Copyright © 2018 SEKRETARIAT DPRD KOTA BATAM · All Rights Reserved