KATEGORI

Komisi III Desak BP Batam dan Pemko Tutup Galian dan Kolam Pancing di Buffer Zone

image

Demi menjaga keselamatan warga dan estetika kota, Komisi III DPRD Kota Batam mendesak Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk menutup seluruh kolam bekas galian maupun kolam pancing yang berada di kawasan buffer zone karena sudah memakan korban jiwa.

Kasus terbaru, yakni yang dialami dua bocah warga Perumahan Hang Lekir, Batam Kota, Alvino Akbar Nugroho dan Nasya Salsabila yang ditemukan tewas tenggelam di Taman Kolam yang berada di buffer zone Mega Legenda, Batam Kota, pada Senin 18 Januari 2016 lalu.

Anggota Komisi III DPRD Kota Batam, Werton P mengaku sangat menyesalkan banyaknya kolam bekas galian dan kolam pancing di daerah bufferzone. “Bagaimana bisa ada galian di buffer zone. Siapa yang harus tanggung jawab, apalagi sampai memakan korban jiwa,” ujarnya Selasa, 19 Januari 2016.

Werton mengatakan, kolam bekas galian dan kolam pancing banyak ditemukan di sepanjang kawasan buffer zone mulai arah Simpang Jam sampai Batu Besar. Dia menegaskan agar BP dan Pemko harus segera menutupnya, termasuk membongkar kios-kios liar yang berdiri di atas buffer zone. “Jangan sampai menambah korban jiwa lagi. Itu semua harus ditutup,” tegasnya.

Sementara itu Tumbur M Sihaloho, Anggota Komisi I DPRD Kota Batam juga mendesak Satpol PP dan Ditpam BP Batam untuk segera menertibkan bekas galian ilegal dan kios liar. Menurutnya, di tahun 2016 ini sudah ada anggaran untuk penertiban.

“Jangan hanya alasan-alasan saja dari dulu. Sejak tahun lalu, belum ada aksi nyata dari BP Batam maupun Pemko untuk penertiban bangunan liar,” katanya.

Menurut Tumbur di sekitar kios liar juga banyak galian dan parit yang sangat berbahaya bagi anak-anak kecil. Dia berharap tahun ini tidak ada alasan Pemko dan BP Batam untuk menertibkannya. “Anggaran sudah ada, ya ditertibkan dong. Termasuk galian-galian di buffer zone kami desak agar ditutup,” sebutnya. RED

Copyright © 2018 SEKRETARIAT DPRD KOTA BATAM · All Rights Reserved