KATEGORI

Pemko Batam Didorong Perbanyak Sekolah Menengah Kejuruan

image

DPRD Kota Batam meminta agar Pemko Batam memperbanyak pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bukan Sekolah Menengah Atas (SMA) sempena antisipasi pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mengharuskan setiap tenaga kerja memiliki keterampilan dan keahlian khusus.

“Modal untuk bisa bersaing di MEA ini adalah keahlian dan keterampilan khusus. Kalau tidak ada kemampuan khusus dari tenaga kerja kita maka akan kalah bersaing,” kata Uba Ingan Sigalingging, Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam.

Makanya, kata Uba, untuk mempersiapkan tenaga terampil ini, harus dilakukan dari sekarang. Pelatihan keterampilan harus diperbanyak baik dalam pendidikan formal maupun non formal. Untuk pendidikan formal, ia berharap akan semakin banyak SMK yang ada di Batam. “Kalau sekarang kita lihat, jumlahnya sangat timpang antara SMA dengan SMK. Jumlah SMA masih terlalu banyak dibandingkan dengan jumlah SMK,” jelas Uba.

Uba mencontohkan, keberadaan SMK Negeri 1 Batam dan juga SMK Negeri 5 perkapalan sangat bagus. Di mana sudah banyak anak didiknya yang langsung memiliki keahlian khusus. Apalagi kalau sekolah tersebut sudah langsung melakukan kerja sama dengan perusahaan.

“Kita akui memang, pasti terkendala di anggaran. Masalahnya untuk anggaran saat ini, sebagian besar adalah untuk belanja pegawai. Tetapi bagaimana pun juga, kita harus mempersiapkan anak didik yang terampil,” katanya.

Hal senada disampaikan Marlon Brando, Anggota Komisi IV dari fraksi Gerindra. Menurutnya, tingginya angka pengangguran di Batam tidak terlepas dari minimnya keahlian dari pencari kerja.

“Kalau kita ke Mukakuning, di sana ada ribuan pencari kerja setiap hari. Dan rata-rata di sana adalah tamatan SMA yang tidak punya keahlian khusus,” katanya.

Menurutnya, jika SMK diperbanyak, selain bisa berpeluang lebih cepat mendapatkan pekerjaan, juga sudah bisa menciptakan lapangan kerja. “Misalnya keterampilan menjahit atau ketrampilan mengelas. Maka akan lebih mudah mencari kerja di galangan kapal atau pekerjaan yang berhubungan dengan ketrampilan yang dimiliki,” katanya.

Ia berharap Pemko Batam juga untuk terus memfasilitasi sejumlah pelatihan kepada calon pekerja dan kepada anak didik di sekolah. RED

Copyright © 2018 SEKRETARIAT DPRD KOTA BATAM · All Rights Reserved