KATEGORI

Tujuh Perda Baru Disahkan, Dua Perda Dikembalikan ke Pemko

image

DPRD Kota Batam melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapperda)  sudah menyelesaikan tujuh Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dari 19 Ranperda yang diusulkan Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

“Ada tujuh Perda yang selesai dan dalam proses diundangkan. Sisanya, ada 12 perda, tapi yang dikembalikan ke Bapperda hanya dua. Ada yang dikembalikan lagi ke Pemko, ada juga yang tidak dilanjutkan karena waktu,” ujar Ketua Bapperda DPRD Batam, Idawati Nursanti usai Rapat Paripurna Laporan Kinerja DPRD Batam, beberapa waktu lalu.

Di dalam rapat paripurna itu terungkap masih banyaknya perda mandul, atau tidak efektif sejak diberlakukan hingga kini.

Perda-perda yang tidak efektif selama kurun waktu sepuluh tahun terakhir itu, yakni mulai dari 2005-2014 ada 13 Perda.

Di antaranya yang mencolok adalah Perda Kota Batam Nomor 1 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan dan Retribusi Parkir dan Perda Kota Batam Nomor 11 tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah.

“Perda parkir masih kacau dan harus direvisi. Ada beberapa pasal yang harus diperbaiki, untuk itu revisi Perda parkir ini diajukan ke Prolegda 2016,” ujarnya.

Pasal-pasal yang dibenahi dalam perda parkir di antaranya mengenai lokasi titik parkir, jam operasional parkir, juru parkir (jukir), serta sanksinya.

“Penegakan Perda parkir tidak sempurna karena ada kelemahan dalam beberapa item di perda tersebut,” sebut Idawati.

Untuk Perda Pengelolaan Sampah, menurut dia, dikarenakan minimnya sosialisasi dari Pemko kepada masyarakat.

Hal itu tak lepas dari kekurangan anggaran juga untuk mensosialisasikan perda tersebut.

“Menjalankan Perda itu kan ada hal-hal secara teknis yang harus menggunakan anggaran. Contoh perda sampah, kalau kita mau menangkap basah orang yang membuang sampah sembarangan, itukan perlu saksi. Nah menyediakan saksi itu artinya butuh anggaran.Perlu ada petugas pengawasnya. Nah anggaran di dalam penyelenggaraan inipun kurang,” ujarnya. RED 

Copyright © 2018 SEKRETARIAT DPRD KOTA BATAM · All Rights Reserved