KATEGORI

Komisi IV Soroti Minimnya Toilet Umum di Ruang Publik

image

Komisi IV DPRD Kota Batam menyoroti minimnya fasilitas publik di sejumlah fasiltas umum, salah satunya adalah ketersediaan toilet umum yang masih minim. Padahal tempat tersebut saban hari selalu ramai dikunjung oleh masyarakat.

“Toilet umum itu sangat penting sehingga jJangan merasa disepelekan. Ini harus menjadi perhatian dari Pemko Batam,” kata Anggota komisi IV Marlon Brando Siahaan.

Marlon mencontohkan pemakaman umum Sei Temiang yang seharusnya pengelolanya menyiapkan toilet untuk warga yang datang ke sana, baik untuk ziarah atau mengantarkan jenazah. Di mana ketika ada orang meninggal, ratusan orang akan berada di sana.

“Kalau mereka hendak buang air kecil kemana? Ini harus diperhatikan oleh Pemko dan pengelola di sana,” katanya.

Selain itu, Taman Makam Pahlawan yang selalu ramai dikunjungi warga untuk bersantai dan olahraga pagi, juga harusnya ada toiletnya. “Di taman-taman lain yang memang ramai juga harus disiapkan. Ini kebutuhan,” katanya.

Sementara Udin P Sihaloho selaku Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Batam menyebutkan, selama ini yayasan yang mengelola pemakaman Sei Temiang, baik pekuburan Muslim dan pekuburuan untuk Nasrani tidak menyetor kontribusi untuk Pemko Batam.

“Selama ini kan tidak ada kontribusinya untuk Pemko Batam. Masa untuk toilet umum saja tidak bisa. Saya minta ini kepada dinas sosial untuk memperhatikan ini,” katanya.

Selain itu, di sejumlah taman yang dijadikan sebagai tempat bersantai juga harus ada fasilitas pendukung. Menurutnya, dengan adanya toilet maka akan semakin banyak warga yang ke taman.

 

“Banyak taman di Batam, misalnya di Makam Pahlawan, itu selalu ramai. Tapi di sana pun tak ada toilet. Di sana kan ada penjaga makamnya,” katanya.

Padahal menurut Udin, dalam setiap penguburan warga meninggal, tidak gratis. Ada saja biaya yang dikeluarkan. “Ini berbanding terbalik dengan pelayanan dari pengelola,” tandasnya. RED

Copyright © 2018 SEKRETARIAT DPRD KOTA BATAM · All Rights Reserved