KATEGORI

Penyaluran Bansos Diharapkan Lebih Merata dan Transparan

image

 

Terkait belum meratanya penyaluran dana Bantuan Sosial (Bansos) dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Komisi II DPRD berharap adanya pemerataan dana yang dikucurkan tersebut.

Hal itu dikemukakan mengingat cukup banyak keluhan dari masyarakat yang tidak mendapatkan dana tersebut, padahal Pemko Batam telah mengalokasikan dana Bansos cukup besar setiap tahunnya.

“Yang jadi titik persoalan ke depan, kita berharap ada pemerataan dan transparansi dana Bansos kepada masyarakat itu. Asalkan memang yayasan atau badannya sesuai syarat Bansos. Sebab, sekarang ini setiap penerima bansos, baik itu masjid, gereja, TPQ harus ada badan usahanya dan punya rekening. Karena tidak bisa dana diambil tunai secara pribadi atau perorangan,” kata Anggota Komisi II, Aman.

Komisi II yang juga menangani Bansos menyatakan sudah seringkali mengingatkan Pemko di Rapat Dengar Pendapat (RDP) mengenai pemerataan dan meminta transparansi Pemko terkait penyaluran dana Bansos.

“Sering masyarakat harus mencari tahu sendiri apakah proposal mereka diterima atau tidak. Mereka juga masih banyak yang tidak tahu apa saja persyaratan mendapatkan dana ini. Saya sudah sering tanyakan itu, apa sih persyaratannya. Tolonglah, kalau memang mereka bisa mengakomodir proposal masyarakat, yah diinformasikan. Supaya mereka bisa mem-follow up,” kata Aman. RED

Copyright © 2018 SEKRETARIAT DPRD KOTA BATAM · All Rights Reserved