KATEGORI

Batam dalam Masa Transisi dari FTZ ke KEK

image

Ketua Dewan Kawasan (DK) Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (PBPB) Batam, Darmin Nasution mengemukakan, perubahan sistem dari FTZ ke KEK Batam mengikuti apa yang akan diterapkan di Sei Mangke, Sumatera Utara.

Dijelaskan, perubahan menjadi KEK Batam nantinya akan melalui tahap transisi. Tahap transisi ini di antaranya akan mengganti pengurus BP Batam yang lama.

 “Ada badan operasional. Namanya Badan Pengusahaan (BP), jaman dulu namanya Otorita Batam. Ini saya sudah konsultasi. Sekarang belum, masih masuk ke masa transisi,” ujar Darmin.

Setelah itu, pengurus yang baru nantinya akan melakukan identifikasi aset, pengelolaan kerjasama dengan investor, perbaikan pembagian tugas dan wewenang dengan Pemko Batam serta melakukan persiapan untuk strategi pengembangan kawasan ke depan.

“Semua proses transisi ini diharapkan selesai dalam tempo tiga sampai enam bulan,” ujar dia.

Darmin meminta agar pemerintah daerah jangan hanya melihat rumitnya perubahan tersebut.

Ia menegaskan perubahan untuk kebaikan Batam ke depan. Agar tidak terjadi tumpang tindih, karena dengan sistem KEK, kepala daerah ikut serta mengaturnya melalui badan operasional yang terbentuk itu.

“Jangan dilihat rumitnya. Batam itukan seperti republik baru merdeka yang mulai dirancang pembangunannya sejak awal. Tapi tidak mau mengakui kalau namanya satu kawasan bercampur antara pemukiman dan investasi, hasilnya rumit.  Dengan KEK ini, maka nanti kepala daerah seperti Wali Kota ikut mengurusi ini, selain mengurus soal administrasi kependudukan sehari-harinya,” tutur Darmin.

Ia mencontohkan seperti daerah Sei Mangke, di mana Bupati ikut teribat dengan memberikan otoritas kepada badan operasionalnya.

“Jadi Pemdanya memberikan otoritas kewenangan kepada BP yang mengurusi di kawasan itu.  Jadi tidak akan ada gangguan otonomi daerah ke depannya. Nanti kita menggunakan UU KEK. UU itukan dibuat untuk semua daerah yang mau dikembangkan dengan KEK, baik di Sei Mangke dan kawasan lain,” tutur dia.  RED

Copyright © 2018 SEKRETARIAT DPRD KOTA BATAM · All Rights Reserved