KATEGORI

RDP Bukit Kemuning - Segera Dibuatkan Jalan Alternatif

image

Komisi III DPRD Kota Batam pada Senin, 7 Maret 2016 siang menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait pengaduaan masyarakat tentang belum adanya pelaksanaan perbaikan jalan longsor di Bukit Kemuning,  beberapa waktu sebelumnya.

RDP tersebut dipimpin Ketua Komisi III, Djoko Mulyono dan dihadiri anggota lainnya antara lain Yunus Muda, Jurado Siburian, Amintas Tambunan, Bustamin dan Sugito. Kegiatan ini juga dihadiri Fauzan perwakilan dari Komisi IV  dan Mukriadi dari Komisi II.

Selain itu, hadir juga dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Batam, BP Batam, Dinas PU dan beberapa perwakilan dari masyarakat Bukit Kemuning dan sekitarnya.

Dalam pertemuan tersebut masyarakat mengeluhkan kondisi daerah yang terisolir sebab belum adanya perbaikan jalan oleh pemerintah. Lambannya penanganan pihak Pemerintah Kota Batam dan juga BP Batam untuk memperbaiki jalan atau membuat jalan alternatif, menyebabkan warga sekitar kewalahan. “Sebagian besar usaha masyarakat di daerah tersebut jadi tutup,” keluh salah seorang warga.

Sutono, warga perwakilan Bukit Kemuning menyampaikan, kejadian tersebut bukan merupakan bencana alam tapi diduga sebagai bentuk kealfaan pemerintah dalam hal ini Dinas PU dan Kontraktor sebagai pihak pengerjaan jalan tersebut.

Sementara itu, pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Batam memberi tanggapandengan  mengatakan, untuk melakukan perbaikan ataupun pembuatan jalan alternatif  harus melalui tahapan dan harus dianggarkan terlebih dahulu.

Sama halnya, Badan Penanggulangan Bencana (BPB) juga menyampaikan tidak bisa berbuat banyak soal kejadian tersebut, yang menurut pihak BPB terkendala dengan aturan yang ada.

“Kendalanya saat ini karena terbentur oleh aturan yang ada dan terkait dengan aturan penanggulangan baik itu sebelum dan sesudah terjadi bencana alam. Dan dana yang tersedia saat ini hanya Rp 3 miliar dan yang bisa kami lakukan saat ini berkoordinasi dengan pihak BP Batam agar dapat mencari solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut,” jelas perwakilan dari BPB Kota Batam.

Mendengar keluhan dan penjelasan dari berbagai pihak, Djoko Mulyono mengatakan, pada prinsipnya Komisi III setuju agar perbaikan jalan dan pembuatan jalan alternatif segera dilaksanakan.

“Prinsipnya kami setuju. Kami dari Komisi III akan mengadakan rapat secara internal dan hasilnya akan kami sampaikan kepada Ketua DPRD Kota Batam. Kami juga sepakat bagaimana agar secepatnya masyarakat mendapatkan akses dan solusi agar bisa ada jalan alternatif,” sebut Djoko.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Batam, Sugito juga menyampaikan agar BP Batam dan Dinas PU Kota Batam mengirimkan alat berta serta petugas supaya membuat jalan alternatif lebih dulu.

“Mohon kepada BP Batam dan Dinas PU Kota Batam bisa mengirimkan alatnya masing masing agar dapat menyelesaikan jalan tersebut. Karena yang dibutuhkan saat ini bukanlah mencari siapa yang salah namun bagaimana caranya agar jalan cepat di buat dan masyarakat bisa beraktifitas. Dan jika memang terbentur dengan anggaran  bukankah tadi sudah di ampaikan masing - masing pihak bahwa saat ini ada dana tersisa yang bisa di gunakan, baik dana dari Pemko Batam atau pun BP Batam. Sehingga bisa segera mengerjakan jalan tersebut. Kita kerjakan sesuai dengan dana yang ada dulu, mengingat ini sangat dibutuhkan masyarakat,” kata Sugito berharap agar secepatnya dikerjakan. RED

Copyright © 2018 SEKRETARIAT DPRD KOTA BATAM · All Rights Reserved