KATEGORI

Ketua DPRD Hadiri Launching Aplikasi APOA

image

DIREKTORAT Jendral Imigrasi menggelar Rapat Koordinasi Intelijen Keimigrasian Terpusat Dalam Kaitan Penguatan Peran dan Pelaksanaan Fungsi Intelijen Keimigrasian dan Launching Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam di Balroom Hotel Harmony One Batam, pada Senin 10 Mei 2016) malam.

Acara ini dihadiri Ketua DPRD Batam, Nuryanto, Walikota Batam Muhammad Rudi, kalangan pengusaha dan segenap pengurus Hotel seluruh Batam.

Dalam sambutannya, Dirjen Imigrasi Pusat, Ronny F Sompie mengatakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian, maka perlu kiranya dilakukan pengawasan terhadap orang asing diseluruh Indonesia.

Di mana pada saat ini pemerintah telah membebaskan visa wisata terhadap 169 Negara, tentunya kebebasan tersebut akan berdampak kepada lonjakan kedatangan orang asing.

“Terjadinya lonjakan itu, akan bisa juga menimbulkan tindak kriminalitas daripada orang asing. Maka sesuai amanat Undang-Undang itulah Dirjen Imigrasi melakukan tindakan intelijen kepada orang asing, bertujuan untuk dapat meminimalisir terjadinya tindakan kriminalitas”, jelasnya.

Melihat dari itu semua, kata Ronny, Imigrasi telah menghadirkan aplikasi secara online, yakni APOA. Aplikasi tersebut dikembangkan untuk mendapatkan info awal terhadap orang asing di suatu wilayah tertentu yang pada akhirnya bisa diketahui oleh imigrasi. Diharapkan dapat mengurangi tindakan kejahatan yang dilakukan oleh orang asing selama berada di Indonesia.

Terbentuknya APOA, juga telah dilakukan sosialisasi kepada unsur-unsur terkait. Aplikasi ini sebenarnya sudah jalan pada awal tahun, tapi mulai aktifnya di bulan Maret kemarin. RED - PARLEMENTARIA

Copyright © 2018 SEKRETARIAT DPRD KOTA BATAM · All Rights Reserved