KATEGORI

Stabilkan Harga Daging, Komisi II Sidak Perusahaan Terkait

image

Guna menstabilkan harga kebutuhan pokok menjelang Ramadan, Anggota Komisi II DPRD dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke salah satu perusahaan distributor daging beku di Batam yakni PT Dewi Niaga yang berlokasi di Jalan Budi Kemuliaan, PH. 90, Kampung Seraya, Batuampar, pada Selasa, 7 Juni 2016.

Pihak perusahaan awalnya tidak berkenan disidak sehingga Ketua Komisi II dan delapan anggota komisi tersebut tidak bisa maksimal menjalankan tugasnya.  Menurut Ketua Komisi II DPRD Batam, Yudi Kurnain, pihaknya sangat kecewa atas sikap pemilik PT Dewi Niaga itu, karena para legislator tidak pernah diterima setiap melakukan sidak ke perusahaan itu.

Menurut Yudi hal ini pantas dipertanyakan, apa yang menjadi penyebab perusahaan tersebut enggan diperiksa.  Dirinya menilai, pengusaha daging di Batam ini, sama sekali tidak memiliki niat yang baik terhadap imbauan Presiden Jokowi, terkait permasalahan harga daging.

“Sepertinya, ada sesuatu hal yang disembunyikan sehingga mereka enggan membuka gudang stok daging (milik perusahaan tersebut). Kita tentu saja jadi penasaran,” papar Yudi saat berada di areal perusahaan tersebut.

Meskipun Ketua Komisi II DPRD Batam, dan tim sidak sudah berulang kali minta pemilik perusahaan itu agar membuka gudang penyimpanan daging. Namun, dengan beribu alasan yang dilontarkan yang bersangkutan tetap tidak mau membuka.

Setelah mendapatkan penjelasan pihak pemilik perusahaan, Po Ah akhirnya bersedia membuka pintu gerbang perusahaan. Setelah ia dipanggil oleh karyawan akhirnya datang menjumpai anggota DPRD dan Disperindag.

Menurut Po Ah, dirinya sebelumnya tidak tahu kalau akan dilakukan sidak. “Terkait niat bapak ibu mau minta dibukakan gudang penyimpanan daging, kami belum bisa. Karena kunci gudang sedang dibawa oleh menejer gudang entah kemana,” ujarnya memberi alasan.

Diterangkan Po Ah ini, terkait masalah harga daging, dan stok daging yang dipersiapkan PT Dewi Niaga untuk selama Ramadhan serta Idul Fitri, sudah mencukupi untuk tiga bulan ke depan dengan harga yang normal dan tidak mengalami kenaikan. Sebab, dari perusahaannya itu mereka mendistribusikan ke pasar-pasar dengan harga Rp 62 per kilogram. RED

Copyright © 2018 SEKRETARIAT DPRD KOTA BATAM · All Rights Reserved