KATEGORI

Antisipasi Serbuan Naker Luar Pasca MEA, Dewan Gesa Pemko Batam Bangun BLK

image

 

PARLEMENTARIA – Fenomena Batam sebagai destinasi utama para pencari kerja makin terlihat pasca arus balik mudik Idul Fitri, beberapa waktu lalu. Hal ini juga makin diperparah dengan serbuan tenaga kerja asing yang merebut pangsa pasar tenaga kerja sebagai implikasi dari penerapan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). 
Merespon hal ini, DPRD Kota Batam memberi solusi dengan mendesak Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, untuk segera membangun Balai Latihan Kerja (BLK).
Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto mengatakan, pengadaan BLK ini penting untuk kepentingan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) para pekerja-pekerja di Batam.
“Kalau BLK ada, ini bisa jadi tempat pelayanan yang mendidik. Karena peningkatan SDM itu jadi kewajiban kita. Modal dasar salah satunya tempat BLK,” kata Nuryanto dalam rapat Banggar bersama Disnaker di Ruang Serba Guna DPRD Kota Batam, Rabu, 24 Agustus 2016.
Tak hanya sebagai tempat pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM pekerja-pekerja di Batam.
Lebih jauh, dia menilai pemerintah juga bisa menerima pendapatan dari kegiatan-kegiatan swasta yang dilakukan di BLK itu.
“Kita juga bisa ada pendapatan dari kegiatan-kegiatan ini. Pertanggungjawaban dan anggaran ke depannya juga bisa lebih konkret,” ujarnya. 
Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Zarefriadi beberapa waktu lalu  membenarkan terjadinya peningkatan pencari kerja beberapa bulan terakhir ini.
Sebelumnya saja tercatat ada 5.000 lebih pencari kerja. Beberapa bulan terakhir bertambah lagi. Namun Zaref belum berani menyebut angka pastinya karena masih terus di data.
Menurutnya, angka pencari kerja tak semata-mata disebabkan oleh pendatang baru namun disebabkan oleh lulusan SMA sederajat yang langsung mencari kerja setelah lulus sekolah.
“Setidaknya tamatan sekolah sekitar 40 persen dari jumlah yang tamat kemarin mencari kerja,” katanya. RED - PARLEMENTARIA  

 

Copyright © 2018 SEKRETARIAT DPRD KOTA BATAM · All Rights Reserved