KATEGORI

Dewan Serukan Perlunya Perangkat Daerah yang Fokus pada Hinterland

image

PARLEMENTARIA - Rancangan Peraturan Daerah(Ranperda) SOTK Pemerintah Kota Batam disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Batam, Senin 31 Oktober 2016 sore.

Dalam laporan akhir yang disampaikan Sekretaris Pansus Mesrawati Tampubolon, disebutkan adanya penambahan Dinas Perikanan dan pengurangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang digabung ke dalam Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana.

Mesrawati mengatakan, sebagai pemberdayaan masyarakat pesisir (hinterland), perlu dibentuk suatu perangkat daerah yang khusus untuk menangani masalah di wilayah tersebut.  “Untuk pemberdayaan masyarakat pesisir atau hinterland diwakili oleh Dinas Perikanan,” jelasnya.

Selanjutnya dikemukakan, Pansus juga memandang penting kebudayaan Melayu yang merupakan kebudayaan ibu bagi masyarakat kota Batam, maka Dinas Pariwisata dan Kebudayaan diganti dengan Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

 “Dinas Pariwisata dan Kebudayaan diganti menjadi Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan maksud agar kebudayaan mendapatkan porsi yang lebih,” ujarnya.

Sementara untuk Dinas Pendidikan, karena urusan pendidikan menengah diambil alih kewenangannya oleh Provinsi, maka Dinas Pendidikan di sepakati menjadi dua bidang yaitu bidang pendidikan dasar dan bidang sarana dan prasarana.

 “Bidang pendidikan SD dan pendidikan SMP maka disepakati menjadi satu bidang Pendidikan Dasar dan ditambah bidang baru yakni Bidang Sarana dan Prasarana,” ungkapnya.

Dalam rapat sebelumnya antara pansus dan pimpinan fraksi, disebutkan, pansus juga merekomendasikan pembentukan dua UPT yang merupakan amanat Perda Nomor 4 Tahun 2015.

“Direkomendasikan untuk pembentukan UPT Penanggulangan Kemiskinan dan UPT Pendanaan Inovasi Daerah” tutup Mesrawati dalam laporan Pansus.

Untuk diketahui dalam Perda SOTK tersebut, DPRD Batam mengesahkan 22 Dinas dan 4 Badan, ditambah Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan, Inspektorat Daerah, Satpol-PP, Badan Daerah, serta 12 Kecamatan. RED - PARLEMENTARIA

Copyright © 2018 SEKRETARIAT DPRD KOTA BATAM · All Rights Reserved