KATEGORI

Paripurna DPRD : Sektor Pendapatan Daerah Perlu Dioptimalkan

image

PARLEMENTARIA – Terkait mekanisme penggunaan anggaran daerah, Pemerintah Kota (Pemko) Batam mendapat ragam masukan saat Rapat Paripurna DPRD Kota Batam dengan agenda pandangan fraksi terhadap APBD perubahan 2016. Pos pendapatan diharapkan dapat terus digali sehingga hasilnya maksimal.

Juru bicara Fraksi PKS, Sukaryo menyebutkan, APBD-P Tahun 2016 mengalami penurunan sebesar 5.14 persen. Hal ini perlu menjadi perhatian bagaimana kemampuan perangkat daerah untuk mengoptimalisasi potensi daerah yang telah jelas menjadi pundi - pundi pendapatan.

“Kami berpendapat bahwa retribusi parkir di tepi jalan umum masih dapat dimaksimalkan potensinya dengan melihat kondisi saat ini di lapangan dengan bertambahnya jumlah kendaraan dan beberapa titik parkir sebagaimana pajak parkir,”ujarnya saat paripurna, Selasa 11 Oktober 2016.

Oleh karena itu, berkaitan dengan optimalisasi pendapatan pada APBD, ia mengusulkan, agar untuk tahun anggaran berikutnya perlu ada kajian khusus terkait proyeksi masing - masing pos pendapatan yang merupakan potensi daerah Kota Batam serta apabila memungkinkan akan memunculkan potensi daerah Kota Batam lainnya yang belum dijadikan sumber pendapatan.

Hal senada disampaikan Fraksi Nasdem yang dibacakan Suardi Taherek. Frkasi Nasdem sebelumnya menyampaikan apresiasi perubahan anggaran yang dilakukan Pemko Batam karena adanya evaluasi dan rasionalisasi di SKPD.

“Ada identifikasi masalah. Namun kami berpendapat Pemko Batam dapat mengoptimalkan penerimaan dari sektor pajak penerangan jalan umum,”ujarnya.

Rapat paripurna ini sendiri dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kota, Zainal Abidin dan dihadiri Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad. RED - PARLEMENTARIA

 

 

Copyright © 2018 SEKRETARIAT DPRD KOTA BATAM · All Rights Reserved